0
hallo guys.
Kali ini aku bakalan share cerita tentang pengalaman aku ikut Seminar Motivasi Kewirausahan SMA 1 tanjungpinang.
Sebenarnya gak cuma kewirausahaan aja, disini juga sekalian Motivasi Ujian Nasional kelas 12 SMA 1 Tanjungpinang .
Oh iya, aku juga bakalan bahas bahas poin poin yang aku tulis selama ikut seminar ini.
oh iya, disini aku manggilnya Kak Edvan aja ya, soalnya ganteng*eh, salah ding xD , maksudnya kak Edvan amsih muda. wkwkwk


and then, this is my experience!!
here we go!

---

Hari senin itu, Pak Imam , selaku kepala sekolah SMA 1 Tanjungpinang, mengatakan bahwa kelas 10&12 akan mengikuti seminar.
sontak saja aku senang. bukan. bukan karena tak belajar ,ya . hehehe..
aku sangat sennag dengan motivasi seperti itu.
sepertinya, akan ada hal penting yang bisa menyadarkan ku untuk bangkit lagi.

Hari rabu,7 September 2016, tepatnya di Bintan Plaza Tanjungpinang, kami melangsungkan seminar tersebut.
Awalnya, aku bahkan tidak tau siapa Kak Edvan itu. sama sekali.
pagi harinya, tepat di Ballroom Bintan Plaza, jam 8.21 aku baru saja melihat biografi kak Edvan.
#MaafkanAkuKakEdvan hehehe :D

Takjub. Pria kelahiran 93 ini bukan hanya tampan saja, tapi dia telah sukses diusia muda.

pukul 9 lewat , seminar dimulai.
hampir semua perempuan histeris melihat kegantengan kak Edvan, termasuk aku. kikikiki :D

acara dimulai dengan pemutaran video biografi kak edvan, senam otak ,dll.

lalu, kami mulai masuk ke dalam materi.

pertama sekali , kak Edvan menampilkan seperti ini
"Ingatan kita tergantung bagaimana kita mengganggap sesuatu itu penting atau tidak"
-Edvan M.Kautsar.

lalu dilanjutkan dengan video Susan Boyle?
kalian tau?
dia memiliki mental yang kuat. cita cita yang besar.
meski orang meragukan dia, bahkan membuat mental kita jatuh, di tetap yakin.

Ku harap, aku bisa lebih berpengharapan lebih dari Susan Boyle.

disana, Kak Edvan juga menampilkan Slide tentang:

5 Keuntungan menjadi Pengusaha

1.Menjadi Bos diperusahaan sendiri
 sekecil apapun usaha kita ,kita tetaplah bos disitu. kita yang mengatur, menggaji, dan selanjutnya.
2.Tidak Terikat Waktu
jelas sekali pada poin ini, kita tidak dikejar kejar deadline, atau kerjaan hingga lembur untuk menyelesaikan pekerjaan kita.
di usaha sendiri, kita bida mengatur sendiri dengan baik, kapan bisa menyelesaikan ini.
3.Bebas Menggelola Keuangan
keuangan bisa sesuka kita untuk dikelola , sesuai keinginan kita.
4.Membuka lapangan pekerjaan.
Nah ini. Untuk menghadapi tahun 2020 di Era Masyarakat Ekonomi Asean, yang maka perdagangan bebas akan dibuka, kita sebagai warga negara indonesia harusnya dpaat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. bukan bergantung pada pekerjaan orang lain.
5. Pekerjaan akan sesuai dengan keinginan kita.

selanjutnya, disitu juga kak edvan menjelaskan tentang Passion.
keuntungan dari passion adalah membuat kita nyaan, termotivasi, dan pastinha bahagia.
tentu saja passion adalah hal yang membuat kita suka

Kak Edvan juga memberitahukan cara menemukan Passion kita.
poin poinnya adalah, pertama, kita memikirkan apa yang bisa kita lakukan dengan mudah namun untuk orang lain itu sulit?
kedua, kegiatan apa yang tetap akan kamu lakukan meski tidak dibayar?
ketiga, hal apa yang sering membuat kamu lupa waktu ketika melakukannya?
dari ketiga pertanyaan itu, saya mendapat suatu jawaban, Menulis

kak Edvan juga mengajarkan kami tentang Cara berkarier sesuai Passion.
-Mencintai apa yang kita kerjakan
-bahagia
-semangat bekerja
-pekerjaan akan dikerjakan dengan baik
-expert(handal) dalam bidang itu.
-berprestasi.

kak Edvan menjelaskan poin poin tersebut dengan rinci ,dan saya mengerti.

Selanjutnya kami membahas Power of Dream, kekuatan dari mimpi.

ada sebuah quotes isinya seperti ini "jika kamu mempunyai misi yang jelas, kamu akan melupakan sarapanmu. -Albert Einsten
isinya kurang kebih seperti itu.

dalam bermimpi, kita jangan sampai membatasi diri.
Alexander Grahambell juga Steve Jobs, adalah salah satu tokoh terkenal yang membatasi diri. kelanjutan ceritanya bisa diccari sendiri ya,guys.

selanjutnya adalah Misi.
disana, kami disuruh menulis passion dam vision yang sesuai dnegan diri masing masing.

kurang lebih isi tulisanku seperti ini:

Passion: Menulis (bukan tulisan tangan), lebih tepatnya ngetik sih.
Vission: jadi Astronot! (ini gak boleh hilang) + Penulis/Blogger
misi: - Baca 100x = Nulis 1x
- nulis buku
-buat website pribadi
-buat blog pribadi( sudah yeay^^)
-buat komunitas penulis
-buat cerpen
-Buat Penerbit Buku sendiri
-Taman bacaan keliling

nah, itulah yang aku tulis. kurang banyak sih, soalnya kaa Kak Wdvan, buatnya ratusan!!!

yang ke empat adalah , Action
100 langkah yang kita cita citakan takkan pernah berarti tsnpa pernah melangkah untuk yang pertama kalinya

dari kalimat itu, aku terkejut.
aku begitu takut memulai.
takut untuk kalah, takut untuk menang, takut untuk berlomba, berkompetisi, dll.
memulai itu susah, tapi bukannya tidak mungkin

selanjutnya , sebagai kesimpulan  dari seminar itu adalah...
Modal Modal dalam sebuah usaha,yaitu:

1.Passion
2.Keluarga( inilah yang mendukung kita , contohnya diambil dari kisah Rick Hoyt. oh iya, pas pemutaran kisahnya aku nangis loh,hiksss)
3. Investor (Nah, bagian ini, dalam kegiatan Kewirausahaan yang diadakan di SMA 1 Tanjungponang, sekolah menjadi investor kami. Trrimakasihh ^^)
4.Tabungan
5.Konsumen(jelas sekali, tanpa konsumen, siapa yang akan membeli produk yang kita jual? hihihi)

Selanjutnya,Aku ngucapin terimakasih kepada pak Imam yang sudah mengundang kak Edvan. I'm so Glad to join it!!
kedua , guru guru yang udah sabar mengatur kami , yang jelas susah diatur sebelum seminar.
ketiga, kak Edvan yang udah datang dan memberikan motivasi.
makasih kak. Kegantengannya buat histeris dua angkatan,loh xD

btw, ini aku lampirkan foto sama kak Edvan + Foto bukunya, ada tanda tangannya loh, terus ditulis "spesial untuk Chrisanty"
fyi, itu salah sih, Harusnya Chrysanti kak , hehe tapi gapapa deh, yang penting dapet ilmu!!^^



Salam Hangat,
Chrysanti a.k.a Chaca

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik ~

 
Top
onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false" >